banner 728x250

Resep Simpel Membuat Cakwe

Resep Simpel Membuat Cakwe
Resep Simpel Membuat Cakwe
banner 120x600
banner 468x60

KORANGARUT.COM – Cakwe adalah makanan tradisional dari Tionghoa yang populer di Indonesia. Cakwe memiliki bentuk panjang dan lebar dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Makanan ini biasanya menjadi camilan atau teman makan bubur atau mi.

Nah, buat kamu yang senang mengonsumsi cakwe sebagai camilan, kamu tidak selalu harus membeli makanan ini, lho. Sebab, kamu bisa mencoba resep cakwe sederhana berikut yang rasanya tidak jauh dari yang dijual abang-abang.

banner 325x300

Resep Cakwe Simpel yang Bisa Kamu Coba

Bahan-Bahan

450 gram tepung terigu protein sedang.

1 sdt baking soda.

3 sdt baking powder double acting. 

Garam sejumput.

1 butir telur.

275 mililiter air.

Langkah Membuat

Langkah 1

Campurkan semua bahan dalam wadah dan aduk menggunakan garpu sampai tercampur rata, kemudian uleni perlahan dengan spatula (tarik lalu tekan) hingga adonan tidak lengket dan sedikit kencang.

Langkah 2

Tambahkan sedikit minyak agar adonan tidak lengket di wadah. Lalu, bungkus adonan dengan plastik wrap dan simpan dalam kulkas semalaman. Keluarkan adonan dan biarkan pada suhu ruang selama sekitar 1 jam sebelum membentuk dan menggorengnya.

Langkah 3

Setelah suhu adonan normal, ambil sebagian adonan. Letakkan di atas alas yang sudah kamu taburkan sedikit tepung terigu. Kemudian tekan perlahan menggunakan rolling pin dan potong-potong adonan. Tumpuk dua potongan adonan menjadi satu.

Langkah 4

Untuk membuat adonan melekat saat digoreng, basahi permukaan antara dua potongan adonan dengan sumpit yang dibasahi air. Kemudian, tekan bagian atasnya dengan sumpit yang juga dibasahi air.

Langkah 5

Panaskan minyak dengan api sedang. Kemudian, ambil satu adonan dan tarik perlahan sebelum dimasukkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga cakwe mengembang dan berwarna keemasan, lalu balik adonan untuk menggoreng bagian lainnya.

Langkah 6

Lakukan tahap yang sama untuk adonan selanjutnya. Goreng hingga berwarna keemasan, kemudian cakwe sudah siap saji dalam keadaan hangat.

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *